RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
EKSAK
Oleh:
RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI
NIM: 826043496
POKJAR KABAT - BANYUWANGI
UPBJJ – JEMBER
2016.2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD Negeri 3 Kabat
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : IV/Ganjil
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi
4. Memahami daur hidup beragam jenis
makhluk hidup
B.
Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan
daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu,
kucing
C.
Indikator
-
Mendeskripsikan
daur hidup kupu-kupu
-
Mendeskripsikan
daur hidup nyamuk
-
Mendeskripsikan
daur hidup lalat
D.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa
dapat mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu
-
Siswa
dapat mendeskripsikan daur hidup nyamuk
-
Siswa
dapat mendeskripsikan daur hidup lalat
Karakter
siswa yang diharapkan: rasa ingin tahu, peduli
lingkungan, dan kreatif
E.
Materi Standar
-
Daur
hidup serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, seperti:
1.
Kupu-kupu
2.
Nyamuk
3.
Lalat
F. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan
pemberian tugas
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1
Ø Kegiatan Awal (5
menit)
Apersepsi
dan motivasi:
-
Guru
mengecek kesiapan siswa
-
Guru
mengajukan pertanyaan “tahukah
kalian apa bentuk awal kepompong kupu-kupu itu?”
-
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Guru
memandu siswa melakukan tepuk semangat
Ø Kegiatan Inti
(20 menit)
-
Guru
menjelaskan peta konsep mengenai daur hidup hewan (E)
-
Guru
menjelaskan tahap metamorfosis kupu-kupu (E)
Telur → ulat → pupa → kupu-kupu
-
Guru
menjelaskan tahap metamorfosis nyamuk (E)
Telur → jentik-jentik → pupa → nyamuk
-
Guru
menjelaskan tahap metamorfosis lalat (E)
Telur → belatung → pupa → lalat
-
Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (E)
-
Guru
memfasilitasi siswa dengan pemberian tugas kelompok (E)
-
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok (E)
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman serta memberikan penguatan (K)
-
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (K)
Ø Kegiatan Penutup
(10 menit)
-
Guru
memberikan tes akhir berupa tugas individu (E)
-
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan
H.
Alat/Bahan/Sumber
Belajar
Alat dan bahan
-
Gambar
tahap metamorfosis sempurna serangga
Sumber belajar
-
Buku SAINS SD kelas
IV yang relevan
I.
Penilaian
Prosedur
:
1.
Tes
awal : ada
(terlampir)
2.
Tes
dalam proses : ada
(terlampir)
3.
Tes
akhir : ada
(terlampir)
Jenis Tes:
1.
Tes awal : lisan
2.
Tes
dalam proses : tulis
3.
Tes
akhir : tulis
Alat Tes:
1.
Tes awal : ada
2.
Tes
dalam proses : ada
3.
Tes
akhir : ada
a.
Tes Awal :
tahukah kalian bagaimana tahapan daur hidup nyamuk sebelum
nyamuk dapat terbang?
b.
Tes dalam proses :
TUGAS KELOMPOK
Ayo urutkan!
Kelompok 1
Urutkan daur hidup kupu-kupu
berikut dengan benar!
Urutan
yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
Deskripsi:
Daur
hidup kupu-kupu dimulai dari……………………………………………………… .……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………
Kelompok 2
Urutkan daur hidup nyamuk
berikut dengan benar!
Urutan
yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
Deskripsi:
Daur
hidup nyamuk dimulai dari……………………………………………………… .……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………
Kelompok 3
Urutkan daur hidup lalat
berikut dengan benar!
Urutan
yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
Deskripsi:
Daur
hidup lalat dimulai dari……………………………………………………………..
.……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………
Tes akhir:
Soal isian singkat
1.
Perhatikan gambar berikut!
Pada
gambar tersebut, tahap jentik-jentik ditunjukkan oleh huruf … .
2.
Tahap metamorfosis kupu-kupu secara urut,
yaitu … .
3.
Tahap metamorfosis pada lalat, setelah
mengjadi kepompong/pupa akan menjadi …. .
Kunci Jawaban:
Tes Awal:
Telur → jentik-jentik → pupa → nyamuk
Tes Proses
Kelompok 1
Urutan daur hidup kupu-kupu: C → D → B → A
Deskripsi
Daur hidup
kupu-kupu dimulai dari telur yang kemudian menetas menjadi ulat atau larva.
Ulat akan menjadi kepompong atau pupa selama 2 minggu. Tahap selanjutnya
kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu bersayap.
Kelompok 2
Urutan daur
hidup nyamuk: 2 → 1 → 3 → 4
Deskripsi
Daur hidup
nyamuk dimulai dari telur yang menetas menjadi jentik-jentik atau tempayak.
Jentik-jentik tersebut akan berubah menjadi kepompong atau pupa. Selanjutnya
kepompong mengalami perubahan bentuk menjadi nyamuk dewasa.
Kelompok 3
Urutan daur
hidup lalat: 4 → 2 → 3 → 1
Deskripsi
Daur hidup lalat
dimulai telur menetas menjadi belatung. Jentik-jentik tersebut akan berubah
menjadi kepompong atau pupa. Selanjutnya kepompong mengalami perubahan bentuk
menjadi lalat dewasa.
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
Nama
Kelompok : ……………………
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
|||
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
|
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
|
Kerja Sama Kelompok
|
||
Keterangan:
3
= sangat mampu
2
= mampu
1
= kurang mampu
Tes
akhir
1.
Huruf
B
2.
Telur → ulat → pupa → kupu-kupu
3.
Lalat
dewasa
Pedoman Penilaian:
Pedoman
penilaian tes akhir:
Jawaban benar nilai 3
Nilai = Nilai yang diperoleh x
100
Skor maksimal
|
||||
|
||||
Komentar
Posting Komentar