Langsung ke konten utama

RPP TERPADU EKSAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
EKSAK



https://ppcondong.files.wordpress.com/2012/05/logo_universitas_terbuka.jpg

           

Oleh:
RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI
NIM: 826043496







POKJAR KABAT - BANYUWANGI
UPBJJ – JEMBER
2016.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah                            : SD Negeri 3 Kabat
Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                 : IV/Ganjil
Alokasi waktu                  : 1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup

B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing

C.    Indikator
-          Mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu
-          Mendeskripsikan daur hidup nyamuk
-          Mendeskripsikan daur hidup lalat

D.    Tujuan Pembelajaran
-      Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu
-      Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup nyamuk
-      Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup lalat
Karakter siswa yang diharapkan: rasa ingin tahu, peduli lingkungan, dan kreatif

E.      Materi Standar
-      Daur hidup serangga yang mengalami metamorfosis sempurna, seperti:
1.      Kupu-kupu                 
2.      Nyamuk
3.      Lalat

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Ø  Kegiatan Awal (5 menit)
Apersepsi dan motivasi:
-      Guru mengecek kesiapan siswa  
-      Guru mengajukan pertanyaan “tahukah kalian apa bentuk awal kepompong kupu-kupu itu?”
-      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran  
-      Guru memandu siswa melakukan tepuk semangat

Ø  Kegiatan Inti (20 menit)
-      Guru menjelaskan peta konsep mengenai daur hidup hewan (E)
-      Guru menjelaskan tahap metamorfosis kupu-kupu (E)
Telur → ulat → pupa → kupu-kupu
-      Guru menjelaskan tahap metamorfosis nyamuk (E)
Telur → jentik-jentik → pupa → nyamuk
-      Guru menjelaskan tahap metamorfosis lalat (E)
Telur → belatung → pupa → lalat
-      Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok (E)
-      Guru memfasilitasi siswa dengan pemberian tugas kelompok (E)
-      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok (E)
-      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman serta memberikan penguatan (K)
-      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa (K)

Ø  Kegiatan Penutup (10 menit)
-      Guru memberikan tes akhir berupa tugas individu (E)
-      Guru bersama siswa membuat kesimpulan

H.    Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
-      Gambar tahap metamorfosis sempurna serangga            
Sumber belajar
-      Buku SAINS SD kelas IV yang relevan

I.       Penilaian
Prosedur :
1.      Tes awal                            : ada (terlampir)
2.      Tes dalam proses               : ada (terlampir)
3.      Tes akhir                            : ada (terlampir)

Jenis Tes:
1.      Tes awal                            : lisan
2.      Tes dalam proses               : tulis
3.      Tes akhir                            : tulis


Alat Tes:
1.      Tes awal                            : ada
2.      Tes dalam proses               : ada
3.      Tes akhir                            : ada












a.      Tes Awal                          :
tahukah kalian bagaimana tahapan daur hidup nyamuk sebelum nyamuk dapat terbang?

b.      Tes dalam proses             :

TUGAS KELOMPOK
Ayo urutkan!

Kelompok 1
Urutkan daur hidup kupu-kupu berikut dengan benar!


Urutan yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
            Deskripsi:
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari………………………………………………………  .……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………

Kelompok 2
Urutkan daur hidup nyamuk berikut dengan benar!

Urutan yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
Deskripsi:
Daur hidup nyamuk dimulai dari………………………………………………………  .……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………


Kelompok 3
Urutkan daur hidup lalat berikut dengan benar!

Urutan yang benar:
…………………………………………………………………………………………………….
Deskripsi:
Daur hidup lalat dimulai dari……………………………………………………………..  .……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………….………………………………………………………………………………………



Tes akhir:

Soal isian singkat
1.      Perhatikan gambar berikut!
            Pada gambar tersebut, tahap jentik-jentik ditunjukkan oleh huruf … .
2.      Tahap metamorfosis kupu-kupu secara urut, yaitu … .
3.      Tahap metamorfosis pada lalat, setelah mengjadi kepompong/pupa akan menjadi …. .













Kunci Jawaban:

Tes Awal:
Telur → jentik-jentik → pupa → nyamuk

Tes Proses
Kelompok 1
Urutan daur hidup kupu-kupu: C → D → B → A
           
Deskripsi
Daur hidup kupu-kupu dimulai dari telur yang kemudian menetas menjadi ulat atau larva. Ulat akan menjadi kepompong atau pupa selama 2 minggu. Tahap selanjutnya kepompong akan berubah menjadi kupu-kupu bersayap.

            Kelompok 2
Urutan daur hidup nyamuk: 2 → 1 → 3 → 4

Deskripsi
Daur hidup nyamuk dimulai dari telur yang menetas menjadi jentik-jentik atau tempayak. Jentik-jentik tersebut akan berubah menjadi kepompong atau pupa. Selanjutnya kepompong mengalami perubahan bentuk menjadi nyamuk dewasa.

            Kelompok 3
Urutan daur hidup lalat: 4 → 2 → 3 → 1

Deskripsi
Daur hidup lalat dimulai telur menetas menjadi belatung. Jentik-jentik tersebut akan berubah menjadi kepompong atau pupa. Selanjutnya kepompong mengalami perubahan bentuk menjadi lalat dewasa.
           
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Nama Kelompok : ……………………
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
Kerja Sama Kelompok





















Keterangan:
3 = sangat mampu
2 = mampu
1 = kurang mampu


            Tes akhir
1.      Huruf B
2.      Telur → ulat → pupa → kupu-kupu
3.      Lalat dewasa

Pedoman Penilaian:
Pedoman penilaian tes akhir:
            Jawaban benar nilai 3
            Nilai = Nilai yang diperoleh x 100
                       Skor maksimal

Banyuwangi, ……………...
Mahasiswa



RIANI ANDRE FEBRI S.
NIM. 826043496
 

Mengetahui,
Supervisor



…………………………….
NIP. ……………………………
 
 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS RANGKAP MODEL 222

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 222 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPA dan Matematika Kelas/semester            : V/Genap                                       VI/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPA Kelas V 7. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. B. Kompetensi Dasar IPA Kelas V 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data. C. Indikator IPA Kelas V 1. Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia 2. Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia 3. Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi

RPP KELAS RANGKAP MODEL 221

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 221 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPS dan IPA Kelas/semester            : IV/Genap                                       V/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPS Kelas IV 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi IPA Kelas V 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model. B. Kompetensi Dasar IPS Kelas IV 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan. IPA Kelas V 6.1 Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya C. Indikator IPS Kelas IV 1. Menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi 2. Mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi IPA Kelas V 1. Mendiskripsikan sifat-sifa