RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 222
Sekolah : ................................................
Mata
Pelajaran : IPA dan Matematika
Kelas/semester : V/Genap
VI/Genap
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
IPA
Kelas V
7.
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi
makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika
Kelas VI
7.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan data.
B. Kompetensi Dasar
IPA
Kelas V
7.6
Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi
makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika
Kelas VI
7.2
Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.
C. Indikator
IPA
Kelas V
1.
Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2.
Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3.
Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4.
Mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang terjadi
Matematika
Kelas VI
1.
Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-rata
2.
Menentukan modus dari sekumpulan data
D. Tujuan Pembelajaran
IPA
Kelas V
1.
Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2.
Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3.
Siswa dapat menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4.
Siswa dapat mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang
terjadi
Matematika
Kelas VI
1.
Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-ra
2.
Siswa dapat menentukan modus dari sekumpulan data
E. Materi Pembelajaran
IPA
Kelas V :
Peristiwa alam
Matematika
Kelas VI : Rata-rata dan modus
F. Metode Pembelajaran
Ceramah,
simulasi, dan problem solving, diskusi, dan inkuiri
G. Kegiatan Pembelajaran
Kelas V
|
Kelas VI
|
Waktu
|
Kegiatan awal
1. Guru mengkondisikan kelas
2. Berdoa
3. Guru mengisi daftar kehadiran siswa
4. Apersepsi (tanya jawab)
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, yang dipimpin seorang tutor
sebaya
|
5 menit
|
|
Kegiatan Inti
1. Guru menuliskan peta konsep tentang peristiwa alam
2. Siswa membaca koran yang telah disedakan guru
3. Siswa secara berkelompok membuat kliping dari koran tentang peristiwa
alam yang pernah terjadi di Indonesia
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
5. Guru menjelaskan cara mengantisipasi diri apabila terjadi gempa bumi
6. Siswa secara berkelompok mensimulasikan cara meyelamatkan diri apabila
terjadi gempa, sesuai dengan penjelasan guru.
|
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan cara menentukan modus sekelompok data
2. Guru menjelaskan cara menghitung rata-rata sekelompok data
3. Guru memfasilitasi siswa dengan tugas kelompok
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
|
55 menit
|
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
|
Kegiatan
Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat
kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
H.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
Kelas V
Koran
Kelas VI
Sumber belajar
Buku IPA Kelas V yang relevan
Buku Matematika
Kelas VI yang relevan
I. Penilaian
1. Prosedur
Tes awal :
saat apersepsi
Tes
proses : saat proses pembelajaran
berlangsug
Tes
akhir : saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis Tes
Tes lisan dan perbuatan
Tes tertulis
3. Bentuk Tes
Isian
Banyuwangi, .......................
2017
Mahasiswa
RIANI ANDRE FEBRI S.
NIM. ......................
|
Mengetahui:
Tutor
...................................
|
LAMPIRAN KELAS V
Ø Tes awal
Apakah kalian pernah merasakan gempa bumi? Lalu apa penyebab peristiwa alam
itu?
Ø Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Siswa Kelas IV
Nama anggota kelompok
1. .................................................... 3.
....................................................
2. .................................................... 4. ....................................................
Diskusikan
bersama kelompokmu!
Bacalah
sebuah berita di koran yang memuat peristiwa alam yang pernah melanda
Indonesia, kemudian isilah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan berita yang
kamu baca!
PUTING BELIUNG TERJANG BOGOR
Liputan6.com, Bogor - Angin puting beliung menerjang beberapa wilayah
di Kota Bogor, Senin sore. Angin kencang
mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Salah satunya di Kelurahan Cibuluh,
Kecamatan Bogor Utara. Sedikitnya 40 rumah rusak disapu angin kencang. "Di
Cibuluh tercatat ada 40 rumah rusak," kata Kapolsek Bogor Utara Kompol
Wawan Wahyudin, Selasa (11/4/2017). Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia,
Selasa pagi aparat kepolisian dan TNI bergotong royong membantu membetulkan
rumah warga yang mengalami kerusakan parah dan sedang.
Tiga toko rusak pada bagian atap dan kaca jendela,
barang-barang dagangan pun ikut rusak tertimpa atap dan serpihan kaca.
Billboard SPBU di Jalan KS Tubun ambruk dan papan reklame berukuran 3x4 meter
nyaris roboh setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras.Pohon tumbang
terjadi di Jalan Durian Raya depan Eks Balebinarum, Kelurahan Baranangsiang,
Kecamatan Bogor Timur. Angin puting beliung merusak atap belasan rumah warga di
perumahan Asrama Teplan di 6 RT, 3 RW, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah
Sareal.Pohon tumbang juga terjadi di Bantarkemang, akses menuju Perumahan
Barangsiang Indah. "Tidak ada laporan korban jiwa atau luka saat kejadian
kemarin," ujar Ganjar.
1.
Peristiwa alam apa yang kamu temukan di bacaan?
............................................................................................................................................................
2.
Kapan peristiwa alam itu terjadi?
............................................................................................................................................................
3.
Apa penyebab terjadinya peristiwa alam tersebut?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
4.
Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat dari bencana alam tersebut?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
5.
Bagaimana cara kamu menyelamatkan diri apabila peristiwa alam tersebut menimpa
dirimu?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Ø Tes Akhir
Lembar Kerja
Individu Siswa Kelas V
1.
Sebutkan contoh peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia!
2.
Apa penyabab terjadinya tsunami?
3.
Gunung meletus adalah salah satu peristiwa alam yang sering melanda Indonesia,
dampak apa saja yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut?
4.
Apabila terjadi gempa bumi, bagaimana tindakan yang perlu kamu lakukan?
Kunci jawaban:
1.
Puting beliung, gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan tsunami.
2.
Gempa bumi di bawah laut.
3.
Dampak negatif: hewan ternak banyak yang mati, rumah-rumah rusak, korban jiwa
Dampak
positif: tanah menjadi subur.
4.
Lari ke tempat lapang, melindungi kepala dengan bersembunyi di bawah meja yang
kokoh, berdiri di sudut ruangan.
Pedoman penilaian :
1
soal skor maksimal 5
Nilai
yang diperoleh = Skor perolehan x 100
Skor
maksimal
|
Penilaian
Sikap
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
|||
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
|
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
|
Kerja Sama Kelompok
|
||
Keterangan:
3
= sangat mampu 2 = mampu 1 = kurang mampu
LAMPIRAN
KELAS VI
Ø
Tes Awal
Di
rapor sekolahmu tertera rata-rata nilai prestasimu, tahukah kalian dari mana
nilai tersebut diperoleh? Bagaimana caranya?
Ø
Tes dalam Proses
Lembar
Kerja Kelompok Kelas VI
Langkah
kerja
1.
Carilah informasi umur seluruh teman sekelasmu
2.
Setelah kalian memperoleh data, lakukan kegiatan berikut ini.
a. Sajikan data dari yang terkecil hingga
yang terbesar
b. Sajikan data dalam bentuk tabel
3.
Tentukan modus dan rata-rata umur teman sekelasmu
5.
Tulis hasil diskusi kalian dalam selembar kertas
Ø
Tes Akhir
Lembar
Kerja Individu Kelas VI
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang jelas!
1.
Dalam sebuah pot tumbuh 9 bibit cabai. Tinggi bibit cabai (dalam cm) adalah
sebagai berikut.
18, 20, 25, 23, 16. 17. 23, 25, 22.
Rata-rata tinggi bibit cabai dalam pot ...
cm.
2. Sebuah kotak berisi 50 kelereng. 12 kelereng
berwarna merah, 10 kelereng berwarna putih, 15 kelereng berwarna biru, dan
sisanya berwarna hijau. Modus kelereng dalam kotak adalah kelereng berwarna ...
.
Pedoman penilaian :
1
soal skor maksimal 5
Nilai
yang diperoleh = Skor perolehan x 100
Skor
maksimal
|
Kunci Jawaban
1.
18+20+25+23+16+17+23+25+22 = 21
9
2.
12 = merah 15 = biru
10 = putih 13 = hijau
Modus adalah kelereng warna putih
Penilaian
Sikap
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
|||
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
|
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
|
Kerja Sama Kelompok
|
||
Keterangan:
3
= sangat mampu 2 = mampu 1 = kurang mampu
RPP diatas itu memakai kurikulum apa ya gan?
BalasHapus