Langsung ke konten utama

RPP KELAS RANGKAP MODEL 222

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP MODEL 222


Sekolah                       : ................................................
Mata Pelajaran            : IPA dan Matematika
Kelas/semester            : V/Genap
                                      VI/Genap
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan)


A. Standar Kompetensi
IPA Kelas V
7. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika Kelas VI
7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.

B. Kompetensi Dasar
IPA Kelas V
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.
Matematika Kelas VI
7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data.

C. Indikator
IPA Kelas V
1. Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2. Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3. Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4. Mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang terjadi
Matematika Kelas VI
1. Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-rata
2. Menentukan modus dari sekumpulan data

D. Tujuan Pembelajaran
IPA Kelas V
1. Siswa dapat menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia
2. Siswa dapat menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia
3. Siswa dapat menjelaskan dampak peristiwa alam bagi makhluk hidup dan lingkungan
4. Siswa dapat mencontohkan cara mengantisipasi terhadap peristiwa alam yang terjadi
Matematika Kelas VI
1. Siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan rata-ra
2. Siswa dapat menentukan modus dari sekumpulan data

E. Materi Pembelajaran
IPA Kelas V               : Peristiwa alam
Matematika Kelas VI  : Rata-rata dan modus


F. Metode Pembelajaran
Ceramah, simulasi, dan problem solving, diskusi, dan inkuiri

G. Kegiatan Pembelajaran
Kelas V
Kelas VI
Waktu
 Kegiatan awal
1. Guru mengkondisikan kelas
2. Berdoa
3. Guru mengisi daftar kehadiran siswa
4. Apersepsi (tanya jawab)
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, yang dipimpin seorang tutor sebaya
5 menit
 Kegiatan Inti
1. Guru menuliskan peta konsep tentang peristiwa alam
2. Siswa membaca koran yang telah disedakan guru
3. Siswa secara berkelompok membuat kliping dari koran tentang peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
5. Guru menjelaskan cara mengantisipasi diri apabila terjadi gempa bumi
6. Siswa secara berkelompok mensimulasikan cara meyelamatkan diri apabila terjadi gempa, sesuai dengan penjelasan guru.
 Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan cara menentukan modus sekelompok data
2. Guru menjelaskan cara menghitung rata-rata sekelompok data
3. Guru memfasilitasi siswa dengan tugas kelompok
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
55 menit
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya

Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
10 menit


H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
Kelas V
Koran
Kelas VI
Sumber belajar
Buku IPA Kelas V yang relevan
Buku Matematika Kelas VI yang relevan
I. Penilaian
1.  Prosedur
Tes awal          : saat apersepsi
Tes proses       : saat proses pembelajaran berlangsug
Tes akhir          : saat proses pembelajaran berakhir

2. Jenis Tes
Tes lisan dan perbuatan
Tes tertulis

3. Bentuk Tes
Isian                  



Banyuwangi, ....................... 2017
Mahasiswa



RIANI ANDRE FEBRI S.
NIM. ......................


Mengetahui:
Tutor

...................................

 







































LAMPIRAN KELAS V


Ø  Tes awal
Apakah kalian pernah merasakan gempa bumi? Lalu apa penyebab peristiwa alam itu?

Ø  Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Siswa Kelas IV

Nama anggota kelompok
1. ....................................................                3. ....................................................
2. ....................................................                4. ....................................................

Diskusikan bersama kelompokmu!
Bacalah sebuah berita di koran yang memuat peristiwa alam yang pernah melanda Indonesia, kemudian isilah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan berita yang kamu baca!

PUTING BELIUNG TERJANG BOGOR
Liputan6.com, Bogor - Angin puting beliung menerjang beberapa wilayah di Kota Bogor, Senin sore. Angin kencang mengakibatkan puluhan rumah warga rusak. Salah satunya di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Sedikitnya 40 rumah rusak disapu angin kencang. "Di Cibuluh tercatat ada 40 rumah rusak," kata Kapolsek Bogor Utara Kompol Wawan Wahyudin, Selasa (11/4/2017). Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, Selasa pagi aparat kepolisian dan TNI bergotong royong membantu membetulkan rumah warga yang mengalami kerusakan parah dan sedang.
Tiga toko rusak pada bagian atap dan kaca jendela, barang-barang dagangan pun ikut rusak tertimpa atap dan serpihan kaca. Billboard SPBU di Jalan KS Tubun ambruk dan papan reklame berukuran 3x4 meter nyaris roboh setelah diterjang angin kencang disertai hujan deras.Pohon tumbang terjadi di Jalan Durian Raya depan Eks Balebinarum, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur. Angin puting beliung merusak atap belasan rumah warga di perumahan Asrama Teplan di 6 RT, 3 RW, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal.Pohon tumbang juga terjadi di Bantarkemang, akses menuju Perumahan Barangsiang Indah. "Tidak ada laporan korban jiwa atau luka saat kejadian kemarin," ujar Ganjar.

1. Peristiwa alam apa yang kamu temukan di bacaan?
............................................................................................................................................................

2. Kapan peristiwa alam itu terjadi?
............................................................................................................................................................

3. Apa penyebab terjadinya peristiwa alam tersebut?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

4. Apa saja dampak yang ditimbulkan akibat dari bencana alam tersebut?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................

5. Bagaimana cara kamu menyelamatkan diri apabila peristiwa alam tersebut menimpa dirimu?
............................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................



Ø  Tes Akhir
Lembar Kerja Individu Siswa Kelas V

1. Sebutkan contoh peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia!
2. Apa penyabab terjadinya tsunami?
3. Gunung meletus adalah salah satu peristiwa alam yang sering melanda Indonesia, dampak apa saja yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut?
4. Apabila terjadi gempa bumi, bagaimana tindakan yang perlu kamu lakukan?

Kunci jawaban:
1. Puting beliung, gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan tsunami.
2. Gempa bumi di bawah laut.
3. Dampak negatif: hewan ternak banyak yang mati, rumah-rumah rusak, korban jiwa
Dampak positif: tanah menjadi subur.
4. Lari ke tempat lapang, melindungi kepala dengan bersembunyi di bawah meja yang kokoh,     berdiri di sudut ruangan.


Pedoman penilaian :
1 soal skor maksimal 5
Nilai yang diperoleh = Skor perolehan x 100
                                     Skor maksimal


 







Penilaian Sikap
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
Kerja Sama Kelompok






















Keterangan:
3 = sangat mampu        2 = mampu         1 = kurang mampu













LAMPIRAN KELAS VI

Ø  Tes Awal
Di rapor sekolahmu tertera rata-rata nilai prestasimu, tahukah kalian dari mana nilai tersebut diperoleh? Bagaimana caranya?

Ø  Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Kelas VI
Langkah kerja
1. Carilah informasi umur seluruh teman sekelasmu
2. Setelah kalian memperoleh data, lakukan kegiatan berikut ini.
    a. Sajikan data dari yang terkecil hingga yang terbesar
    b. Sajikan data dalam bentuk tabel
3. Tentukan modus dan rata-rata umur teman sekelasmu
5. Tulis hasil diskusi kalian dalam selembar kertas

Ø  Tes Akhir
Lembar Kerja Individu Kelas VI

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang jelas!

1. Dalam sebuah pot tumbuh 9 bibit cabai. Tinggi bibit cabai (dalam cm) adalah sebagai berikut.
    18, 20, 25, 23, 16. 17. 23, 25, 22.
    Rata-rata tinggi bibit cabai dalam pot ... cm.

2.  Sebuah kotak berisi 50 kelereng. 12 kelereng berwarna merah, 10 kelereng berwarna putih, 15 kelereng berwarna biru, dan sisanya berwarna hijau. Modus kelereng dalam kotak adalah kelereng berwarna ... .

Pedoman penilaian :
1 soal skor maksimal 5
Nilai yang diperoleh = Skor perolehan x 100
                                     Skor maksimal


 


Kunci Jawaban                                                          
1. 18+20+25+23+16+17+23+25+22 = 21
                           9

2. 12 = merah         15 = biru
    10 = putih           13 = hijau
    Modus adalah kelereng warna putih

Penilaian Sikap
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
Kerja Sama Kelompok





















Keterangan:

3 = sangat mampu        2 = mampu         1 = kurang mampu

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS RANGKAP MODEL 221

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 221 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPS dan IPA Kelas/semester            : IV/Genap                                       V/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPS Kelas IV 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi IPA Kelas V 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model. B. Kompetensi Dasar IPS Kelas IV 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan. IPA Kelas V 6.1 Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya C. Indikator IPS Kelas IV 1. Menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi 2. Mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi IPA Kelas V 1. Mendiskripsikan sifat-sifa

RPP TERPADU EKSAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) EKSAK             Oleh: RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI NIM: 826043496 POKJAR KABAT - BANYUWANGI UPBJJ – JEMBER 2016.2 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                            : SD Negeri 3 Kabat Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/semester                 : IV/Ganjil Alokasi waktu                  : 1 x 35 menit A.     Standar Kompetensi 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup B.      Kompetensi Dasar 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing C.     Indikator -           Mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -           Mendeskripsikan daur hidup nyamuk -           Mendeskripsikan daur hidup lalat D.     Tujuan Pembelajaran -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup nyamuk -       Sis