Langsung ke konten utama

RPP KELAS RANGKAP MODEL 221

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP MODEL 221


Sekolah                       : ................................................
Mata Pelajaran            : IPS dan IPA
Kelas/semester            : IV/Genap
                                      V/Genap
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan)


A. Standar Kompetensi
IPS Kelas IV
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
IPA Kelas V
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model.

B. Kompetensi Dasar
IPS Kelas IV
2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan.
IPA Kelas V
6.1 Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya

C. Indikator
IPS Kelas IV
1. Menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
2. Mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi
IPA Kelas V
1. Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya
2. Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya

D. Tujuan Pembelajaran
IPS Kelas IV
1. Siswa dapat menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
2. Siswa dapat mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi
IPA Kelas V
1. Siswa dapat mendiskripsikan sifat-sifat cahaya
2. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat cahaya

E. Materi Pembelajaran
IPS Kelas IV   : Perkembangan tekonologi produksi, komunikasi, dan transportasi
IPA Kelas V   : Sifat-sifat cahaya

F. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, diskusi, eksperimen dan latihan



G. Kegiatan Pembelajaran

Kelas IV
Kelas V
Waktu
 Kegiatan awal
1. Guru mengkondisikan kelas
2. Berdoa
3. Guru mengisi daftar kehadiran siswa
4. Apersepsi (tanya jawab)
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, yang dipimpin seorang tutor sebaya
5 menit
 Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang perkembangan teknologi dari masa lalu hingga masa kini
2. Siswa menyebutkan contoh perkembangan teknologi di sekitar lingkungannya
3. Guru memfasilitsasi siswa melalui tugas kelompok
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
 Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang sifat-sifat cahaya
2. Guru menunjukkan salah satu sifat cahaya (cahaya dapat diuraikan) melalui percobaan sederhana
3. Guru membimbing siswa mengidentifikasi sifat-sifat cahaya (menembus benda bening, dapat dipantulkan, dan dapat dibiaskan) melalui percobaan sederhana
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
55 menit
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya

Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
10 menit


H. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
Kelas IV
Telepon genggam, gambar teknologi transportasi dan produksi
Kelas V
Lampu senter,             kertas karton, gelas bening, pensil, cermin, cakram warna

Sumber belajar
Buku IPS Kelas IV yang relevan
Buku IPA Kelas V yang relevan



I. Penilaian

1.  Prosedur
Tes awal          : saat apersepsi
Tes proses       : saat proses pembelajaran berlangsug
Tes akhir          : saat proses pembelajaran berakhir

2. Jenis Tes
Tes lisan dan perbuatan
Tes tertulis

3. Bentuk Tes
Mencocokan      



Banyuwangi, ....................... 2017
Mahasiswa



RIANI ANDRE FEBRI S.
NIM. ....................

 

Mengetahui:
Tutor

...................................

 
 






































LAMPIRAN


Ø  Tes awal
Tahukah kalian sebelum adanya HP yang canggih, jika kita ingin berkomunikasi jarak jauh menggunakan apa?

Ø  Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Siswa Kelas IV

Nama anggota kelompok
1. ....................................................                3. ....................................................
2. ....................................................                4. ....................................................

Diskusikan bersama kelompokmu!
Sebutkan industri pengolahan hasil alam yang ada di daerahmu! Bahan baku apa yang digunakan? Apa barang yang dihasilkan? Tuliskan jawabanmu dalam tabel di bawah ini!

No
Hasil Alam
Barang Hasil Produksi
Teknologi Produksi
1
Ubi kayu
Keripik dan kelanting
Sederhana
2



3



4



5



6



7



8



9



10




Ø  Tes Akhir
Lembar Kerja Individu Siswa Kelas IV

Di bawah ini terdapat beberapa alat produksi, komunikasi, dan transportasi, Cobalah kamu pasangkan perkembangan teknologinya dengan memberikan tanda panah dari teknologi masa lalu ke masa kini:
Description: Hasil gambar untuk handphone          Description: Hasil gambar untuk mesin ketik jadul       Description: Hasil gambar untuk bis                Description: Hasil gambar untuk bajak            Description: Gambar terkait

Description: Hasil gambar untuk laptop       Description: Hasil gambar untuk telepon jadul        Description: Hasil gambar untuk traktor sawah                       Description: Hasil gambar untuk dokar




Kunci Jawaban:

Description: Hasil gambar untuk handphone          Description: Hasil gambar untuk mesin ketik jadul            Description: Hasil gambar untuk bis                         Description: Hasil gambar untuk bajak          Description: Gambar terkait

           
Description: Hasil gambar untuk laptop                  Description: Hasil gambar untuk telepon jadul    Description: Hasil gambar untuk traktor sawah                Description: Hasil gambar untuk dokar






































LAMPIRAN

Ø  Tes Awal
Pernahkah kalian mengamati cahaya yang melewati celah sempit? Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Ø  Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok 1
Ayo cari tahu!

1. Perhatikan daftar benda di bawah ini!
a. kaca bening                                  d. gelas bening                                        g. plastik hitam
b. kayu                                             e. gelas bening berisi air sirop                 h. tripleks
c. kertas karton                                 f. gelang bening berisi air keruh              i. kertas tipis
2. Ujilah setiap benda tersebut dengan menggunakan lampu senter!
3. Diskusikan dengan teman sekelompokmmu mengenai hal berikut ini!
a. benda yang tembus cahaya
b. benda yang tidak tembus cahaya
4. Berikan kesimpulanmu beradasarkan data yang kamu peroleh dari percobaan di atas!

Lembar Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok 2

Ayo Cari Tahu!

1. Sediakan gelas kaca bening, pensil, dan air!
2. Letakkan gelas kaca di atas meja, kemudian letakkan pensil ke dalamnya!
3. Tuangkan air ke dalam gelas
4. Amati apa yang terjadi, sebelum dan setelah gelas diisi air!
5. Buatlah laporan dari kegiatan ini!
6. Berikan kesimpulanmu berdasarkan data yang kamu peroleh dari percobaan di atas!

Lembar Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok 3

Ayo Cari Tahu!

1. Sediakan cermin datar yang cukup besar!
2. Berdirilah menghadap cermin sehingga kamu dapat melihat wajahmu di cermin!
3. Tuliskan namamu pada secarik kertas, kemudian tempelkan kertas tersebut di dahimu, lalu lihatlah ke cermin. Dapatkah kamu membaca namanu yang tertulis di secarik kertas tersebut? Mengapa demikian? Apa sifat cahaya yang dapat kamu simpulkan dari peristiwa ini?
4. Tuliskan laporan dan kesimpulan dari kegiatan ini!








Ø  Tes Akhir
Lembar Kerja Individu Kelas V

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang jelas!
1. Description: Hasil gambar untuk pembiasan cahayaBerdasarkan ilustrasi di samping, sifat yang dimiliki cahaya adalah adalah ... .
2. Salah satu sifat cahaya adalah dapat diuraikan, contoh peristiwa bahwa cahaya dapat diuraikan adalah ... .
3. Ketika mengendari motor Ayah memerlukan kaca spion untuk melihat keadaan di belakang motor, hal itu memanfaatkan sifat cahaya yaitu ... .
4. Contoh peristiwa bahwa cahaya dapat merambat lurus adalah ... .
5. Kita dapat melihat pemandangan luar dari kaca jendela, hal ini menunjukkan bahwa cahaya dapat ... .
Kunci Jawaban
1. Pembiasan cahaya
2. Pelangi
3. Dapat dipantulkan
4. Cahaya lampu motor pada malam hari, cahaya yang melalui celah-celah sempit
5. menembus benda bening

Pedoman penilaian :
1 soal skor maksimal 4
Nilai yang diperoleh = Skor perolehan x 100
                                     Skor maksimal

LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Nama Siswa
Aspek yang Diamati

Kelas
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
Kerja Sama Kelompok


























Keterangan:
3 = sangat mampu
2 = mampu
1 = kurang mampu



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS RANGKAP MODEL 222

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 222 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPA dan Matematika Kelas/semester            : V/Genap                                       VI/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPA Kelas V 7. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. B. Kompetensi Dasar IPA Kelas V 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data. C. Indikator IPA Kelas V 1. Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia 2. Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia 3. Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi

RPP TERPADU EKSAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) EKSAK             Oleh: RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI NIM: 826043496 POKJAR KABAT - BANYUWANGI UPBJJ – JEMBER 2016.2 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                            : SD Negeri 3 Kabat Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/semester                 : IV/Ganjil Alokasi waktu                  : 1 x 35 menit A.     Standar Kompetensi 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup B.      Kompetensi Dasar 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing C.     Indikator -           Mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -           Mendeskripsikan daur hidup nyamuk -           Mendeskripsikan daur hidup lalat D.     Tujuan Pembelajaran -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup nyamuk -       Sis