RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 221
Sekolah : ................................................
Mata
Pelajaran : IPS dan IPA
Kelas/semester : IV/Genap
V/Genap
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
IPS
Kelas IV
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
IPA
Kelas V
6.
Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model.
B. Kompetensi Dasar
IPS
Kelas IV
2.3
Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta
pengalaman menggunakan.
IPA
Kelas V
6.1
Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya
C. Indikator
IPS
Kelas IV
1.
Menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
2.
Mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi
IPA
Kelas V
1.
Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya
2.
Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya
D. Tujuan Pembelajaran
IPS
Kelas IV
1.
Siswa dapat menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan
transportasi
2.
Siswa dapat mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi
IPA
Kelas V
1.
Siswa dapat mendiskripsikan sifat-sifat cahaya
2.
Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat cahaya
E. Materi Pembelajaran
IPS
Kelas IV : Perkembangan tekonologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
IPA
Kelas V : Sifat-sifat cahaya
F. Metode Pembelajaran
Ceramah,
demonstrasi, diskusi, eksperimen dan latihan
G. Kegiatan Pembelajaran
Kelas IV
|
Kelas V
|
Waktu
|
Kegiatan awal
1. Guru mengkondisikan kelas
2. Berdoa
3. Guru mengisi daftar kehadiran siswa
4. Apersepsi (tanya jawab)
5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6. Guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, yang dipimpin seorang tutor
sebaya
|
5 menit
|
|
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang perkembangan teknologi dari masa lalu hingga
masa kini
2. Siswa menyebutkan contoh perkembangan teknologi di sekitar lingkungannya
3. Guru memfasilitsasi siswa melalui tugas kelompok
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
|
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan tentang sifat-sifat cahaya
2. Guru menunjukkan salah satu sifat cahaya (cahaya dapat diuraikan)
melalui percobaan sederhana
3. Guru membimbing siswa mengidentifikasi sifat-sifat cahaya (menembus
benda bening, dapat dipantulkan, dan dapat dibiaskan) melalui percobaan
sederhana
4. Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok
|
55 menit
|
Kegiatan Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk
pertemuan selanjutnya
|
Kegiatan
Akhir
1. Guru memberikan post test
2. Guru memberikan umpan balik
3. Siswa dengan bimbingan guru membuat
kesimpulan
4. Guru memberikan penguatan
5. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
untuk pertemuan selanjutnya
|
10 menit
|
H.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat dan bahan
Kelas IV
Telepon genggam, gambar teknologi
transportasi dan produksi
Kelas V
Lampu senter, kertas karton, gelas bening, pensil, cermin, cakram warna
Sumber belajar
Buku IPS Kelas IV yang relevan
Buku IPA Kelas V
yang relevan
I. Penilaian
1. Prosedur
Tes awal :
saat apersepsi
Tes
proses : saat proses pembelajaran berlangsug
Tes
akhir : saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis Tes
Tes lisan dan perbuatan
Tes tertulis
3. Bentuk Tes
Mencocokan
|
||||
|
||||
LAMPIRAN
Ø Tes awal
Tahukah kalian sebelum adanya HP yang canggih, jika kita ingin
berkomunikasi jarak jauh menggunakan apa?
Ø Tes dalam Proses
Lembar Kerja Kelompok Siswa Kelas IV
Nama anggota kelompok
1. .................................................... 3.
....................................................
2. .................................................... 4.
....................................................
Diskusikan
bersama kelompokmu!
Sebutkan
industri pengolahan hasil alam yang ada di daerahmu! Bahan baku apa yang
digunakan? Apa barang yang dihasilkan? Tuliskan jawabanmu dalam tabel di bawah
ini!
No
|
Hasil Alam
|
Barang Hasil
Produksi
|
Teknologi Produksi
|
1
|
Ubi kayu
|
Keripik dan kelanting
|
Sederhana
|
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
Ø Tes Akhir
Lembar Kerja
Individu Siswa Kelas IV
Di
bawah ini terdapat beberapa alat produksi, komunikasi, dan transportasi,
Cobalah kamu pasangkan perkembangan teknologinya dengan memberikan tanda panah
dari teknologi masa lalu ke masa kini:
Kunci Jawaban:
LAMPIRAN
Ø
Tes Awal
Pernahkah
kalian mengamati cahaya yang melewati celah sempit? Mengapa hal tersebut bisa
terjadi?
Ø
Tes dalam Proses
Lembar
Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok
1
Ayo cari tahu!
1.
Perhatikan daftar benda di bawah ini!
a.
kaca bening d.
gelas bening g.
plastik hitam
b.
kayu e.
gelas bening berisi air sirop h.
tripleks
c.
kertas karton f.
gelang bening berisi air keruh i.
kertas tipis
2.
Ujilah setiap benda tersebut dengan menggunakan lampu senter!
3.
Diskusikan dengan teman sekelompokmmu mengenai hal berikut ini!
a.
benda yang tembus cahaya
b.
benda yang tidak tembus cahaya
4.
Berikan kesimpulanmu beradasarkan data yang kamu peroleh dari percobaan di
atas!
Lembar
Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok
2
Ayo Cari Tahu!
1.
Sediakan gelas kaca bening, pensil, dan air!
2.
Letakkan gelas kaca di atas meja, kemudian letakkan pensil ke dalamnya!
3.
Tuangkan air ke dalam gelas
4.
Amati apa yang terjadi, sebelum dan setelah gelas diisi air!
5.
Buatlah laporan dari kegiatan ini!
6.
Berikan kesimpulanmu berdasarkan data yang kamu peroleh dari percobaan di atas!
Lembar
Kerja Kelompok Kelas V
Kelompok
3
Ayo Cari Tahu!
1.
Sediakan cermin datar yang cukup besar!
2.
Berdirilah menghadap cermin sehingga kamu dapat melihat wajahmu di cermin!
3.
Tuliskan namamu pada secarik kertas, kemudian tempelkan kertas tersebut di
dahimu, lalu lihatlah ke cermin. Dapatkah kamu membaca namanu yang tertulis di
secarik kertas tersebut? Mengapa demikian? Apa sifat cahaya yang dapat kamu
simpulkan dari peristiwa ini?
4.
Tuliskan laporan dan kesimpulan dari kegiatan ini!
Ø
Tes Akhir
Lembar
Kerja Individu Kelas V
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang jelas!
1.
Berdasarkan
ilustrasi di samping, sifat yang dimiliki cahaya adalah adalah ... .
2.
Salah satu sifat cahaya adalah dapat diuraikan, contoh peristiwa bahwa cahaya
dapat diuraikan adalah ... .
3.
Ketika mengendari motor Ayah memerlukan kaca spion untuk melihat keadaan di
belakang motor, hal itu memanfaatkan sifat cahaya yaitu ... .
4.
Contoh peristiwa bahwa cahaya dapat merambat lurus adalah ... .
5.
Kita dapat melihat pemandangan luar dari kaca jendela, hal ini menunjukkan
bahwa cahaya dapat ... .
Kunci Jawaban
1.
Pembiasan cahaya
2.
Pelangi
3.
Dapat dipantulkan
4.
Cahaya lampu motor pada malam hari, cahaya yang melalui celah-celah sempit
5.
menembus benda bening
Pedoman
penilaian :
1
soal skor maksimal 4
Nilai
yang diperoleh = Skor perolehan x 100
Skor
maksimal
LEMBAR
PENILAIAN SIKAP
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Kelas
|
||
Keberanian dalam Mengemukaan Pendapat
|
Kemampuan Berbahasa Lisan dan Berkomunikasi
|
Kerja Sama Kelompok
|
||
Keterangan:
3
= sangat mampu
2
= mampu
1
= kurang mampu
ini kurikulum apa
BalasHapusmohon ijin dan terimakasih sangat membantu..
BalasHapus