Langsung ke konten utama

APKG 2

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU


1.      NAMA MAHASISWA         : RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI
2.      NIM                                       : 826043496
3.      ALAMAT SEKOLAH          : Jl. Karimun Jawa No.38
4.      KELAS/SEMESTER            : IV/Genap     
5.      TEMA                                   : Sumber Daya Alam
6.      MATA PELAJARAN            : IPA, IPS dan Bahasa Indonesia
7.      TANGGAL                            :
8.      KOLOMPOK BELAJAR      : Kabat
9.      UPBJJ-UT                              : Jember



1.      Melakukan pembelajaran                                                       1     2     3     4    5            
a.       Melaksanakan tugas rutin kelas.                                                  
b.      Memulai kegiatan pembelajaran.
c.       Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi,
dan lingkungan.
d.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
individual, kelompok, atau klasikal.
e.       Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
f.       Menggunakan media belajar yang sesuai dengan
tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
g.      Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
h.      Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
  Rata-rata butir 1 = P

2.      Mengelola interaksi kelas
a.       Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,
Terbuka, dan penuh pengertian terhadap siswa.
b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
c.       Melakukan komunikasi secara efektif
  Rata-rata butir 2 = Q



3.      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu mata pelajaran tertentu secara bersamaan

a.       Bahasa Indonesia
1.      Mendemonstrasikan penugasan materi
bahasa Indonesia.
2.      Memberikan latihan keterampilan berbahasa.
3.      Mengembangkan kemampuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar.
                                                                                      Rata-rata butir 3a = R
b.      Matematika
1.      Menanamkan konsep matematika melalui
kegiatan manipulatif.
2.      Menguasai simbol-simbol matematika.
3.      Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika dalam kehidupan sehari-hari. 
  Rata-rata butir 3b = R
c.       IPA
1.      Mendemonstrasikan pembelajaran IPA
melalui pengalaman langsung.
2.      Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung.
3.      Menampilkan penguasaan IPA.
  Rata-rata butir 3c = R
d.      IPS
1.      Mengembangkan pemahaman konsep waktu.
2.      Mengembangkan pemahaman konsep ruang.
3.      Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity).
  Rata-rata butir 3d = R
e.       Pkn
1.      Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus
dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2.      Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan.
3.      Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam kehidupan sehari-hari.
  Rata-rata butir 3e = R

4.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.       Melaksanakan penilaian selama
proses pembelajaran.
b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
Akhir pembelajaran.
                                                                                                  Rata-rata butir 4 = S

5.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.       Peka terhadap kemampuan berbahasa.
b.      Penampilan guru dalam pembelajaran.
c.       Keefektifan pembelajaran terpadu.
  Rata-rata butir 5 = T
Nilai APKG II = K

K=P+Q+R+S+T =
             5

………………………………, 2016
Pengamat
(Kepala Sekolah/Teman Sejawat/Tutor)

……………………………..

K=Rata-rata Butir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS RANGKAP MODEL 221

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 221 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPS dan IPA Kelas/semester            : IV/Genap                                       V/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPS Kelas IV 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi IPA Kelas V 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya model. B. Kompetensi Dasar IPS Kelas IV 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakan. IPA Kelas V 6.1 Mendiskripsikan sifat-sifat cahaya C. Indikator IPS Kelas IV 1. Menjelaskan perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi 2. Mengidentifikasi dampak dari perkembangan teknologi IPA Kelas V 1. Mendiskripsikan sifat-sifa

RPP KELAS RANGKAP MODEL 222

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP MODEL 222 Sekolah                       : ................................................ Mata Pelajaran            : IPA dan Matematika Kelas/semester            : V/Genap                                       VI/Genap Alokasi waktu             : 2 x 35 menit  (1 x pertemuan) A. Standar Kompetensi IPA Kelas V 7. Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. B. Kompetensi Dasar IPA Kelas V 7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan. Matematika Kelas VI 7.2 Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data. C. Indikator IPA Kelas V 1. Menyebutkan contoh peristiwa alam di Indonesia 2. Menjelaskan penyebab terjadinya peristiwa alam di Indonesia 3. Menjelaskan dampak peristiwa alam bagi

RPP TERPADU EKSAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) EKSAK             Oleh: RIANI ANDRE FEBRI SAFITRI NIM: 826043496 POKJAR KABAT - BANYUWANGI UPBJJ – JEMBER 2016.2 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                            : SD Negeri 3 Kabat Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/semester                 : IV/Ganjil Alokasi waktu                  : 1 x 35 menit A.     Standar Kompetensi 4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup B.      Kompetensi Dasar 4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing C.     Indikator -           Mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -           Mendeskripsikan daur hidup nyamuk -           Mendeskripsikan daur hidup lalat D.     Tujuan Pembelajaran -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup kupu-kupu -       Siswa dapat mendeskripsikan daur hidup nyamuk -       Sis