ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG II)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN
TERPADU
1. NAMA
MAHASISWA : RIANI ANDRE FEBRI
SAFITRI
2. NIM :
826043496
3. ALAMAT
SEKOLAH : Jl. Karimun Jawa No.38
4. KELAS/SEMESTER : IV/Genap
5. TEMA
: Sumber Daya Alam
6. MATA
PELAJARAN : IPA, IPS dan Bahasa Indonesia
7. TANGGAL :
8. KOLOMPOK
BELAJAR : Kabat
9. UPBJJ-UT : Jember
1.
Melakukan
pembelajaran 1 2
3 4 5
a.
Melaksanakan
tugas rutin kelas.
b.
Memulai
kegiatan pembelajaran.
c.
Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi,
dan
lingkungan.
d.
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara
individual,
kelompok, atau klasikal.
e.
Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan
kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan.
f.
Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan
tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan.
g.
Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien.
h.
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
2.
Mengelola
interaksi kelas
a.
Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat,
Terbuka,
dan penuh pengertian terhadap siswa.
b.
Memicu
dan memelihara keterlibatan siswa.
c.
Melakukan
komunikasi secara efektif
3.
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu mata pelajaran tertentu secara
bersamaan
a. Bahasa Indonesia
1.
Mendemonstrasikan
penugasan materi
bahasa
Indonesia.
2.
Memberikan
latihan keterampilan berbahasa.
3.
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk
berkomunikasi
dan bernalar.
b. Matematika
1.
Menanamkan
konsep matematika melalui
kegiatan
manipulatif.
2.
Menguasai
simbol-simbol matematika.
3.
Memberikan
latihan penggunaan konsep
Rata-rata
butir 3b = R
c. IPA
1.
Mendemonstrasikan
pembelajaran IPA
melalui
pengalaman langsung.
2.
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
3. Menampilkan
penguasaan IPA.
Rata-rata
butir 3c = R
d. IPS
1.
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu.
2.
Mengembangkan
pemahaman konsep ruang.
3.
Mengembangkan
pemahaman konsep
Rata-rata
butir 3d = R
e. Pkn
1.
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus
dan
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan.
2.
Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan.
3.
Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan
dalam
kehidupan sehari-hari.
4.
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar
a.
Melaksanakan
penilaian selama
proses
pembelajaran.
b.
Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada
Akhir
pembelajaran.
5.
Kesan
umum pelaksanaan pembelajaran
a.
Peka
terhadap kemampuan berbahasa.
b.
Penampilan
guru dalam pembelajaran.
c.
Keefektifan
pembelajaran terpadu.
Nilai APKG II = K
K=P+Q+R+S+T =
5
………………………………, 2016
Pengamat
(Kepala Sekolah/Teman
Sejawat/Tutor)
……………………………..
|
Komentar
Posting Komentar